Hi, guest | Welcome to Blog webzonepslu | Register | Sign in
Advertise | Contact | About | Live Music | Donation | Sitemap


4 Jun 2012

Modifikasi Power Supply PC menjadi PSU Serbaguna dan Berkualitas

. 4 Jun 2012

Sangat banyak power supply yang beredar di toko toko elektronik, dan dapat langsung anda dibeli jika tersedia uang di kantong, atau jika anda adalah seorang pecinta dan berbakat merakit komponen elektronika maka itupun bukan hal yang sulit bagi anda untuk mencipta sebuah power supply sesuai dengan kebutuhan anda.
Seperti kita ketahui sangat banyak jenis power supply dengan beragam fungsi. Power supply dapat anda temukan diberbagai macam peralatan elektronik, walaupun secara umum power supply tersebut tidak selalu ditonjolkan fungsinya, paling hanya fungsi dari alat  yang digunakan saja, karena biasanya power supply (PSU) telah berada didalam peralatan elektronik tersebut.
wah sepertinya kita langsung aja, trus apa yang akan saya share di sini?  nah tentunya mengenai Power Supply juga yaitu  Bagaimana sebuah Power Supply PC menjadi sebuah Power Supply serbaguna, berkualitas dan bertenaga dan siap mensupply segala macam peralatan elekronika anda yang ada dirumah.
Ada keistimewaan tertentu dari PSU PC, salah satunya adalah Efesiensi dan Kualitas daya yang dikeluarkannya sehingga sangat bagus untuk digunakan diberbagaimacam keperluan, berbeda dengan PSU konvensional yang biasanya memerlukan sebuah transformator step down sehingga terkesan kurang meyakinkan, apalagi dengan kualitas Transformator yang biasanya dijual Spesifikasinya belum tentu  sesuai dengan apa yang tertera dilabel depan ditambah lagi kadang harga nya selangit.
Membuang rasa penasaran anda maka perlu anda ketahui ada beberapa tegangan keluaran PSU PC yang mungkin akan sangat berguna jika keluaran tersbut dihubungkan langsung ke panel depan casing PSU tersebut dengan memodifikasinya sendiri, tegangan dimaksdu antara lain :
+3.3 Volt : 12A (Orange)
+5 Volt : 30A (Merah)
+12 Volt : 15A(Kuning)
Ground (-) : Warna hitam
ketiga tegangan tersebut pasti berbeda warna di pengkabelannya, cari kabel yang berwarna sama satukan dan hubungkan ke panel depan, misalnya pada panel +3.3V kita pasangkan dengan semua kabel Orange, +5V diambil dari kabel-kabel warna merah dan +12V dari kabel-kabel berwarna kuning. Hati-hati pada saat bekerja lepas terlebih dahulu kabel jala-jala Listriknya. admin tidak bertangung jawab jika terjadi kecelakaan kejutan listrik, atau serahkan saja ke ahlinya.
dengan membuat 3 buah panel tegangan di casing depan PSU lalu hubungkan masing-masing panel dengan masing masing tegangan yang tersedia seperti di atas,  dan saya rasa tidak perlu membuat panel (-) terlalu banyak cukup satu untuk 3 buah tegangan keluaran tersebut. cukup dimengerti bukan?.
untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :
ini gambar PSU Modifikasi yang udah jadi :
Pewarnaan kabel sesuai dengan tegangan dapat dilihat di sini atau di sini
Ingat !!!, pada saat anda merakit sebuah panel dan menghubungkan kabel ke panel depan seperti gambar di atas, hati-hati jangan sampai ada kebocoran kabel (serabut kabel nyasar) mengenai  casing atau terminal lainnya, karna akan menyebabkan kerusakan pada pSU tersebut. Maka untuk hasil yang optimal gunakan AVO meter, dengan mengarahkan switch  AVO ke bagian Ohm meter, lalu anda dapat melakukan test untuk mengetahui apakah kabel panel short dengan body casingnya, Jika yakin tidak short maka dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya. Jangan lupa gunakan solder agar lebih rapi.
Jangan Lupa untuk membuat tombol Power ON di panel depan PSU PC anda dapat diambil dengan petunjuk seperti gambar di bawah ini :
Dengan menggabung kabel Hijau (PSUtest) dengan Hitam (Ground) maka PSU PC dapat beroperasi.
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

Pasang di blog sobat

Mau Tukar Link dengan saya? [ Copy/paste ] code HTML berikut ke blog anda"

webzonepslu

gambar akan tampak seperti di atas

Jika link blog tersebut sudah anda pasang di blog anda segera beri komentar / chatbox Saya usahakan secepatnya link blog anda juga segera saya pasang.Terimakasih

Unordered List

Posting

Posting Diterbitkan

Komentar

Komentar Diterbitkan

Statistik Blog
 
You Are The Best / Thank you visit