Hi, guest | Welcome to Blog webzonepslu | Register | Sign in
Advertise | Contact | About | Live Music | Donation | Sitemap


4 Jun 2012

Salah Satu Penyebab Komputer PC restart berulang ulang

. 4 Jun 2012

Saya coba share pengalaman menggunakan Komputer Desktop atau PC, ketika terjadi trouble pada saat melakukan booting (proses mulai dari menekan tombol Power sampai ke penampakan Layar Windows).
Boleh dong bagi pengalaman, daripada disimpan buat diri sendiri, malah nambahin dosa, hihihi..tul kaga..!!??
Saya cerita dikit : Pada suatu hari saya menemukan masalah dikompi saya, masalahnya adalah pada saat proses booting terjadi restart berulang sekejap setelah adanya penampakan Windows,Memang kata orang-orang yang berpengalaman dibidangnya (Bidang Hardware Komputer) hal tersebut disebabkan oleh bermacam penyebab dan bervariasi, namun tidak ada juga yang menyebut hal itu salah, saya juga berpendapat hal itu mungkin saja terjadi, misalnya saja karena disebabkan kerusakan  pada sistem Operasi ataupun Hardware dari komputer tersebut.
Nah berikut saya share pengalaman saya yaitu Restart berulang dari komputer disebabkan Rusak Hardware dari Motherboard atau Papan Mesin, atau  Circuit Board atau Mainboard yang ada didalam Casing, berbentuk persegi panjang berisi komponen-komponen Elektronika Seperti Processor, Chips, Resistor, Pin-pin, Battery Cmos, slot-slot interface, colokan Kabel Data SATA, ATA, slot Power Supply dsb. pokoknya jika diperhatikan persis seperti  pesawat Star trex. Nah jika udah ngerti maksudnya dan bentuk barangnya coba anda perhatikan komponen yang melekat di papan tersebut yang namanya belum saya sebutkan di atas, apakah itu? itu adalah Komponen Electrolite Condensator (lazimnya disebut ELCO), berfungsi menyimpan tegangan DC maupun AC dalam keadaan tertentun sesuai spesifikasi kegunaannya di Motherboard tersebut.
Periksa dulu deh yang namanya Elco itu, gambarnya dapat dilihat disini
Pada kasus -kasus tertentu gejala Startup berulang disebabkan oleh komponen penting ini, jika dilihat secara fisik terjadi gelembung fisik di permukaan Elco, seperti pada gambar ini,
Nah jika ini memang terjadi dan ada penampakan di Motherboard anda silahkan diperbaiki dengan mengganti komponen tersebut, dan jika belum mengerti cara mengerjakannya berikan saja kepada ahlinya, namun yang lebih penting anda sudah tau penyebabnya sehingga pada saat ke tukang service PC anda dapat sempatkan diri terlebih dahulu mengecek harga barang dimaksud, harga bervariasi, jika ketemu yang sesuai dan asli lumayan mahal, namun jika tidak ada, dapat diganti dengan yang biasa namun yang sesuai atau mendekati, harga ga begitu mahal perbijinya sekitar 5 ribuan aja, paling yang diganti cuman 3 atau 4 buah (Kalau ga salah sih).
Saya sarankan bagi penggemar Mac Gyver Amatiran, untuk berhati-hari melakukan penggantian komponen, terutama yang harus diperhatikan adalah cara yang benar melepas komponen dari Papan PCB tersebut, misalnya gunakan alat solder yang baik usahakan tidak menggunakan soder dengan daya terlalu besar, Perhatikan juga kawat timah solder yang digunakan, cari yang berkualitas baik, dan yang terakhir adalah jika melakukan pelepasan komponen (Elco atau komponen dasar lainnya kecuali Jenis Chips) usahakan menggunakan Sedotan Timah, ini penting sekali sebab pekerjaan akan lebih rapi dan mengurangi resiko rusaknya papan PCB (Mainboard) atau mengganggu komponen yang lainnya jika ada serpihan timah bertebaran dimana mana yang sangat berbahaya pada saat Mainboard dihidupkan.
Oke bro, Sekian dulu ya tip dan share mengenai Kerusakan Hardware PC, smoga dapat membantu, dan doakan agar dilain waktu saya dapat lagi share yang lebih banyak mengenai hardware PC.
Upss.. lupa lagi … pesan pada Mc Gyver jangan lupa perhatikan kaki elco nya, ingat pada saat melepas dan memasang kembali, jangan sampai kaki-kakinya dipasang terbalik, harus sesuai dengan posisi pertama (+) dan (-) nya. salah pasang B00m meledak.
print this page Print this page


Sumber:http://899software.com/
Share this Article now on :
ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN :


0 komentar:

Pasang di blog sobat

Mau Tukar Link dengan saya? [ Copy/paste ] code HTML berikut ke blog anda"

webzonepslu

gambar akan tampak seperti di atas

Jika link blog tersebut sudah anda pasang di blog anda segera beri komentar / chatbox Saya usahakan secepatnya link blog anda juga segera saya pasang.Terimakasih

Unordered List

Posting

Posting Diterbitkan

Komentar

Komentar Diterbitkan

Statistik Blog
 
You Are The Best / Thank you visit